Pengertian Media Sosial, Fungsi, Karakteristik, Jenis & Dampak Media Sosial

Secara umum, pengertian media umum yaitu media online yang mendukung adanya interaksi sosial. Sosial media atau media umum menggunakan teknologi berbasis web yang mengubah suatu komunikasi ke dalam dialog interaktif. Beberapa contoh-contoh situs media umum yang sangat populer ketika ini yaitu Facebook, Twitter, Blog dan Wikipedia. 

Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli

Menjamurnya pengguna media umum hingga hingga ketika ini, juga tidak lepas dari tugas serta para hebat dalam menyampaikan gagasan, pandangan ataupun teorinya terkait media sosial. Beberapa gagasan ataupun teori dalam media sosial, secara sederhana dapat berupa sebuah definisi media umum atau pengertian media sosial. 

Definisi media sosial, tidak serta merta berupa gagasan yang tidak berdasar yang dikeluarkan oleh para hebat tersebut. Demikian adanya, media umum memiliki fungsi, peran, dan dampak bagi kehidupan masyarakat yang harus didesain sedemikian rupa semoga media umum tetap pada fungsi, dan tujuan media umum itu sendiri, dan memiliki manfaat dalam kehidupan setiap individu. 

Olehnya itu, sumbangsih fatwa para ahli, diantaranya mengenai pengertian media sosial, patut untuk di apresiasi dan sebagai pengguna patut berbangga dan bersyukur, tugas serta dari para hebat dalam menyampaikan arah teknologi mutakhir ini, media sosial. Adapun definisi atau pengertian media umum menurut para hebat yaitu sebagai berikut.. 

1. Pengertian Media Sosial Menurut Antony Mayfield (2008) 
Menurut Antony Mayfield (2008) yang menyampaikan gagasannya berupa definisi media umum dimana menurutnya pengertian media umum yaitu media yang penggunanya mudah berpartisipasi, aneka macam dan menciptakan peran, khususnya blog, jejaring sosial, wiki/ensiklopedia online, forum-forum maya, termasuk virtual worlds (dengan avatar/karakter 3D). 

2. Pengertian Media Sosial Menurut Andreas Kaplan dan Michael Haenlien 
Menurut Andreas Kaplan dan Michael Haenlien mendefinisikan bahwa pengertian media umum yaitu sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang membangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user generated content.

3. Pengertian Media Sosial Menurut Lisa Buyer 
Menurut Lisa Buyer, bahwa definisi media umum yaitu bentuk kekerabatan masyarakat yang paling transparan, menarik dan interaktif ketika ini.

4. Pengertian Media Sosial Menurut Sam Decker
Menurut Sam Decker yang turut serta menyampaikan perannya dalam bentuk gagasan berupa definisi media umum yang menurutnya bahwa pengertian media umum yaitu konten digital dan interaksi yang dibuat oleh dan antar satu sama lain.

5. Pengertian Media Sosial Menurut Marjorie Clayman 
Menurut Marjorie Clayman bahwa definisi atau pengertian media umum yaitu alat pemasaran gres yang memungkinkan untuk mengetahui pelanggan dan calon pelanggan dengan cara yang sebelumnya tidak mungkin.

6. Pengertian Media Sosial Menurut Philip Kotler dan Kevin Keller (2012:568) 
Menurut Philip dan Kevin Keller bahwa pengertian media umum yaitu sarana bagi konsumen untuk aneka macam isu teks, gambar, video, dan audio dengan satu sama lain dan dengan perusahaan dan sebaliknya.

7. Pengertian Media Sosial Menurut Henderi, Muhammad Yusup, dan Yuliana Isma Graba (2007: 3) 
Menurut Henderi, dkk, bahwa pengertian media umum yaitu situs jaringan sosial misalnya layanan berbasis web yang memungkinkan bagi setiap individu untuk membangun profil publik ataupun semi publik dalam sistem terbatasi, daftar pengguna lain dengan siapa mereka terhubung, dan melihat dan menjelajahi daftar koneksi mereka yang dibuat oleh orang lain dengan suatu sistem. 

Fungsi Media Sosial 

Media sosial dalam perannya ketika ini, telah membangun sebuah kekuatan besar dalam membentuk pola perilaku dan aneka macam bidang dalam kehidupan manusia. Hal ini yang membuat fungsi media umum sangat besar. Adapun fungsi media umum diantaranya sebagai berikut: 
  • Media sosial yaitu media yang didesain untuk memperluas interaksi sosial insan dengan menggunakan internet dan teknologi web. 
  • Media sosial berhasil mentransformasi praktik komunikasi searah media siaran dari satu institusi media ke banyak audience (one to many) ke dalam praktik komunikasi dialogis antara banyak audience (many to many). 
  • Media sosial mendukung demokratisasi pengetahuan dan juga informasi. Mentranformasi insan dari pengguna isi pesan menjadi pembuat pesan itu sendiri. 
Selain itu, terdapat pendapat lain menurut Puntoadi (2011:5) pengguna media umum berfungsi sebagai berikut.. 
  • Keunggulan membangun personal branding melalui sosial media yaitu tidak mengenal trik atau popularitas semu, alasannya yaitu aduensilah yang akan menentukan. Berbagai sosial media menjadi media untuk orang yang berkomunikasi, berdiskusi dan bahkan menberikan sebuah popularitas di media sosial. 
  • Media sosial menyampaikan sebuah kesempatan yang berfungsi interaksi lebih dekat dengan konsumen. Media sosial menyampaikan content komunikasi yang lebhi individual. Melalui media umum pula aneka macam para pemasar dapat mengetahui kebiasaan dari konsumen mereka dan melaksanakan suatu interaksi secara personal serta dapat membangun sebuah ketertarikan yang lebih dalam. 

Karakteristik Media Sosial 

Media sosial memiliki ciri-ciri yang tidak lepas dari aneka macam ciri-ciri dari media umum yang banyak digunakan hingga ketika ini. Berikut beberapa karakteristik yang terdapat pada media sosial. .. 
  • Partisipasi. Mendorong kontribusi dan umpan balik dari setiap orang yang tertarik atau berminat menggunakannya, hingga dapat mengaburkan batas antara media dan audience. 
  • Keterbukaan. Kebanyakan dari media umum yang terbuka bagi umpan balik dan juga partisipasi melalui sarana-sarana voting, berbagai, dan juga komentar. Terkadang batasan untuk mengakses dan juga memanfaatkan isi pesan (perlindungan password terhadap isi cenderung dianggap aneh). 
  • Perbincangan. Selain itu, kemungkinkan dengan terjadinya perbincangan ataupun pengguna secara dua arah. 
  • Keterhubungan. Mayoritas dari media umum tumbuh dengan subur lantaran terjadi suatu kemampuan yang dapat melayani keterhubungan antar pengguna, melalui suatu kemudahan tautan (links) ke website, sumber isu dan bagi pengguna-pengguna lainnya. 

Jenis-Jenis Media Sosial

Menurut Kotler dan Keller bahwa terdapat tiga macam platform yang utama untuk media sosial.. 
  • Online Communities And Forums. Komunitas online dan forum tersebut datang dalam segala bentuk dan ukuran dimana banyak dibuat oleh pelanggan ataupun kelompok yang pelanggan tanpa adanya bunga komersial ataupun dengan afiliasi perusahaan. Sebagian hal ini disponsori oleh perusahaan yang anggotanya berkomunikasi dengan perusahaan dan dengan satu sama lain yang melalui posting, instant, messaging, dan juga chatting yang berdiskusi mengenai minat khusus yang dapat bekerjasama dengan produk perusahaan dan merek. 
  • Blogs. Terdapat tiga juta pengguna blog dan mereka yang sangat beragam, yang beberapa pribadi untuk teman-teman dekat dan keluarga, lainnya dirancang untuk menjangkau dan juga menghipnotis khalayak luas. 
  • Social Networks. Jaringan sosial telah menjadi kekuatan yang penting baik dalam bisnis konsumen dan juga pemasaran bisnis ke bisnis. Salah satunya dari facebook, messanger, twitter dan juga Blackberry dll. Jaringan yang berbeda tersebut menyampaikan manfaat yang berbeda pula untuk perusahaan. 
Selain itu, menurut Puntoadi (2011: 34) bahwa terdapat beberapa macam-macam media umum yaitu sebagai berikut.. 
  • Bookmarking. Berbagai alamat website yang menurut pengguna bookmark sharing menarik minat mereka. Bookmarking menyampaikan sebuah kesempatan untuk menshare link dan tag yang diminati. Hal demikian bertujuan semoga setiap orang dapat menikmati yang kita sukai. 
  • Content Sharing. Melalui situs-situs content sharing tersebut orang-orang menciptakan aneka macam media dan juga publikasi untuk membuatkan kepada orang lain. YouTube dan Flikr merupakan situs content sharing yang biasa dikunjungi oleh khalayak. 
  • Wiki. Sebagai situs yang memiliki macam-macam karakteristik yang berbeda misalnya situs knowledge sharing, wikitravel yang memfokuskan sebuah diri isu tempat, dan konsep komunitas lebih eksklusif. 
  • Flickr. Situs yang dimiliki yahoo mengkhususkan sebuah image sharing dengan kontributor yang hebat di setiap bidang fotografi di seluruh dunia. Flickr mengakibatkan "photo catalog" yang setiap produk dapat dipasarkan. 
  • Social Network. Aktivitas yang menggunakan fitur yang disediakan oleh situs tertentu menjalin sebuah hubungan, interaksi dengan sesama. Situs sosial networking tersebut yaitu linkedin, facebook, dan MySpace. 
  • Creating Opinion. Media sosial tersebut menyampaikan sarana yang dapat membuatkan opini dengan orang lain di seluruh dunia. Melalui hal tersebut, creating opinion, semua orang dapat menulis, jurnalis dan sekaligus komentator. 
Dengan penerapan satu set teori bidang riset media dan proses sosial, Kaplan dan Haenlein yang diterbitkan di tahun 2010. Menurut Kaplan dan Haenlein, bahwa jenis-jenis media umum yaitu sebagai berikut... 
  • Konten. Pengguna situs demikian mengklik setiap konten saham-konten media, misalnya, gambar, video, ebook dll. 
  • Proyek Kolaborasi. Situs demikian mengguna dapat mengubah, menambah, ataupun menghapus suatu konten sedikit yang tersedia di website ini. Contohnya wikipedia. 
  • Blog dan Microblog. Pengguna bebas dalam mengekspresikan sesuatu hal misalnya ventilasi atau mengkritik kebijakan pemerintah. contohnya twitter. 
  • Virtual Game World. Sebuah dunia maya, dalam lingkup 3D mengreplikasikan sebuah pengguna yang dalam bentuk yang diinginkan dan berinteraksi dengan orang lain baik dunia nyata. 
  • Virtual Social World. Virtual dunia yang pengguna merasa hidup dunia maya, misalnya dunia game virtual berinteraksi dengan orang lain. Akan tetapi, dunia virtual sosial lebih luas dan lebih ke arah kehidupan misalnya second life. 

Dampak Media Sosial

Berbagai fitur dalam media umum dan juga menjamurnya aneka macam macam-macam media umum ketika ini, tak pelak menyampaikan dampak bagi seluruh kehidupan masyarakat, hingga setiap individu-individu. Demikian terjadi, diakibatkan siklus partisipasi masyarakat ataupun individu semakin berakselerasi dengan pertumbuhan pengguna yang semakin tinggi.

Namun, bukanlah hal yang lumrah untuk ketika ini. Media sosial menyampaikan efek atau dampak yang memiliki perubahan besar dalam seluruh bidang, mulai dari politik, ekonomi, sosial dan budaya yang menyeluruh.

Hal ini, media umum menyampaikan kelebihan, keuntungan atau dampak positif hadirnya media umum bagi masyarakat. Akan tetapi, media umum dalam sejarahnya, juga menyampaikan kerugian, kelemahan atau dampak negatif yang tidak sedikit hingga menyentuh kasus kriminal yang diperantarai dari hadirnya media sosial. Adapun dampak positif media umum dan juga dampak negatif media umum sebagai berikut..

Dampak Positif 
Berikut dampak positif media sosial..

  1. Mempererat silaturahim. Dalam hal silaturahim penggunaan media umum sangat cocok berinteraksi dengan orang berjauhan daerah tinggalnya. 
  2. Menyediakan ruang untuk berpesan positf. Penggunaan sosial media tersebut telah banyak digunakan oleh para tokoh agama, motivator, dan juga ulama. 
  3. Mengakrabkan kekerabatan pertemanan. Media sosial akan mengakbrakan suaut pertemanan kala seseorang aib bertama di dunia nyata. 
  4. Menyediakan isu yang sempurna dan akurat. Informasi yang diperoleh dari media umum baik itu isu akademi tinggi, beasiswa dan juga lowongan kerja. 
  5. Menambah wawasan dan pengetahuan. Akhir ini terdapat akun media umum yang membagi wawasan dan juga pengetahuan yang dapat menarik wawasan juga pengetahuan praktis. 
Dampak Negatif
Berikut dampak negatif media sosial.. 
  1. Penipuan. Bukan hal yang tabu lagi dimana media umum juga turut serta tak luput dari serangan penipu. 
  2. Anak dan dewasa menjadi malas mencar ilmu berkomunikasi di dunia nyata. 
  3. Situs jejaring sosial merupakan lahan subur bagi predator dalam melaksanakan kejahatan 
  4. Pornografi. Tidak salah, kalau penyebaran terbaik yaitu media sosial. Namun, hal ini juga menyampaikan efek yang tidak baik dan jauh dari moral dimana isu mengenai pornografi juga tersebar di media sosial. 
  5. Remaja dan anak, mudahnya mengeluarkan bahasa apapun dalam media sosial 
  6. Prostitusi. Media sosial juga daerah penyebaran isu aneka macam tempat-tempat prostitusi. 
  7. Sarana penyebaran ideologi paling efektif dan efisien. 
Pengertian Media Sosial, Fungsi, Karakteristik, Jenis & Dampak Media SosialPengertian Media Sosial, Fungsi, Karakteristik, Jenis & Dampak Media Sosial - .com
Ilustrasi Media Sosial

Demikianlah isu mengenai media sosial. Semoga isu ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan dapat menambah pengetahuan kita. Sekian dan terima kasih. Salam Berbagi Teman-Teman. 

Referensi Media Sosial: 
Kaplan, A dan Haenlein, M. 2010. Users of the World, unite! The Challenges and Opportunities of Social Media" Business Horizons 53. Hlm: 59-68. 


Sumber http://www.artikelsiana.com

Postingan populer dari blog ini

Prakarya: Pengertian, Hubungan Prakarya dan Kewirausahaan, & Manfaat Prakarya

Pengertian Masyarakat Multikultural, Ciri, Karakteristik, Faktor, Sifat & Dampaknya

Chauvinisme: Pengertian Chauvinisme, Contoh Sikap, Dampak & Menurut Para Ahli